Senin, 16 Januari 2012

curhat anak akper

sesi curhat  !!
 heey, dengerin curhatku yoo, awal aq masuk rumah sakit di ruang. . .

Ruang mawar p** RSUD Sidoarjo  ==> dinas awal tgl 2 -23 desember 2012

Kesan pertama, awalnya aku biasa2 aja, kamar mawar p*** dengan jumlah 15 kamar dengan tiap kamar 3 -4 orang. seperti biasa dengan model tim, dibagi2 kelompok mahasiswa yang dinas pagi, dapet kamar pasien satu-satu, dengan kerjaan OBSERVASI TTV, (suhu, nadi, pernapasan, tekanan darah) tiap kamar yang didapat, kalo status pasien diurus sama perawat jaga laahh. ehh, la ternyata ada kamar dengan inisial G yng ternyata dengan diagnosa Diabetes mellitus + ganggren (-____________-)
kebayang ga rekk, bau nya orang ganggren terutama pada kakinya, wuhh, tuh bau sadaaaaaap tenan, ga gitu aja luka2 pasien sendiri sudah stadium akhir, (ada nanah, darah, daging yang keluar, tulang rawan, otot2 yang terlihat pula )
qta disuruh apa ?? rawat lukaa, tuh, kamar penuh semua, ada 6 -7 orang. pertamanya jadi asisten (ngangkat kakinya, ngelepas balut kasanya, memBAUinya,, hohohooho. .(Pinksun). Silahkaan anda meresapinya. .

namanyaaa, mawar p**, sesuci namanya, kebanyakan beliau2 yang dirawat, dalam  keadaan kritis, sehingga banyak pasien yang tidak terselamatkan nyawa mereka, qta sudah berusaha semaksimal mungkin untuk mnyelamatkan para beliau . .:'( disinilah banyak pasien2 dalam golongan kelas menengah ke bawah, tetapi pada dasarnya Perawat tidak boleh membedakan mana yang miskin dengan kaya, semua di mata Tuhan SAMA.

gag hanya pasien DM (Diabetes Mellitus aja) juga ada pasien ginjal akut, anemia, hepatitis, sirosis hepatis, stroke, bahkan sampai orang dengan HIV ada. .untuk mahasiswa dimanapun anda praktek, slalu bawa sarung tangan dan masker, semua penularan baik dari udara, makanan, darah, jarum dll bisa saja terjadi. .kalo tidak, bisa terkena infeksi nosokomial.

Untuk praktek, kita jarang duduk, biasanya keluarga pasien mengeluh, 'infus macett mbakk !!' atau 'cairan infuus habis mbakk !' apadaya qta hanya bisa bilang :iyaaa bukk, ok , . Kalo pun kedapetan dapet pasang kateter, pasang infus, pasang NGT (Nasogastrik Tube), kumbah lambung dll.
kalo suntik2 mahh sudah biasa, oplos obat dengan aquades, drip infus (masukkan obat dalam caitan infus), saya palinggg sukkkaaaaa. . .kusuka kusuka !! hahay. tapi paling susaaa pasang infus, ambil darahh, AAARRRRGGHH !!!

kalo perawat2 jaga nya siih, biasanyaa nyuruh qta buat bantu administrasi atau dokumentasi perawat masing2 pasien yag didapat. Hallo, ngat 5 T (Tepat Obat, Tepat pasien, Tepat waktu, Tepat dosis, Tepat pemberian ) terkadang kalo anamnese (wawancara dengan pasien ), perlu adanya pendekatan terapieutik (!

Jarang duduk, capek, mondar -mandir bantu pasien sana -sini, Memang susah profesi ini, tetapi jika dijalani dengan ikhlas sama halnya qta menabung amal untuk diakherat kelak. .Dalam kenyataan, praktek TAK SAMA dengan teori, qta butuh kerja fleksibel, tetap dengan menghargai privasi pasien, minimal qta tahu pengetahuan dari praktek apa yang kamu lakukan !!So, lakukan apa yang kamu senangi dan ikhlas menjalani . .


Tidak ada komentar:

Posting Komentar