Senin, 21 Februari 2011

Seminar Kawasaki

Kali kedua saya mengikuti seminar bersama teman saya, Dias dan Agus. Tepatnya tanggal 29 Januari 2011 di RS. Mitra Keluarga Surabaya  dengan judul seminar “Waspadai Kawasaki : Demam Dengan Bercak Merah Bukan Campak”. Seminar ini diadakan oleh Program Khusus D III Keperawatan RS. Mitra Keluarga Surabaya di Akper william Booth Sby. Acara ini murahh poll. .35 ribu, dapat snack, tas, doorprize juga. .tapi doorprize gag dapeeet T_T.  Seminar ini sangat informatif, banyak pengetahuan tentang penyakit ini, coz mendatangkan Dokter dari Indo  yang pernah bertemu langsung dengan penemu penyakit Kawasaki ini. .KEREEN !! (^_^) Beliau bernama DR. Connie Untario, SpA.
Sekedar tahu, Penyakit ini ditemukan oleh Prof.Tomisaku Kawasaki  tahun 1967 (Beliau masih hidup sampe skarang). Kalo ga percaya, liat aja foto nee

Penyakit  Kawasaki ini juga punya kepanjangannya loo. .berdasarkan tanda2  gejalanya, yaitu :
·         Kenaikan suhu tubuh yang tinggi dan terus-menerus
·         Antibiotik tidak menolong
·         Warna merah mata, bibir, mulut, lidah dan anus
·         Atipikal rash (Bercak kulit tidak tripikal)
·         Sembab, sayu wajah, bengkak jari2 tangan dan kaki kemerahan
·         Adenopati /pembesaran kelenjar getah bening leher
·         Kulit ujung jari mengelupas
·         Infark miokard


Umumnya terjadi pada anak2 terjadi diseluruh dunia (Asia paling banyak). Penyebab ?? belum diketahui dg jelas, diduga adanya suatu infeksi dari kombinasi gejala klinis. Dalam pengobatannya, penderita di rawat inap untuk fase akut dan pemberian obat-obatan :
1.       aspirin : 80-100mg/kg/hari dalam 4 dosis selama 14 hari atau sampai 3-4 hari panas reda
2.       Imunoglobulin intravena (IGIV) : dosis 2 g/kg selama 10-12 jam.
Ingat ! Kesembuhan total tanpa efek jangka panjang terjadi pada penderita yang tidak mengalami penyakit jantung koroner.
Berikut foto2 penderita Penyakit Kawasaki :



Hhehe, sekilas info tentang kawasaki. .kalau anda mengadakan seminar kesehatan yang bermanfaat dan murah untuk wilayah surabaya dan sekitarnya. .boleh2lah diundang. .sama-sama menimba ilmu untuk diaplikasikan ke masyarakat.    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar